Kesehatan

 


Nama : Ananda putra pratama

Prodi : manajemen

Fakultas : FEBTD


https://unusa.ac.id


Pemeriksaan kesehatan rutin merupakan layanan kesehatan guna pencegahan klinis yang biasanya diberikan dokter kepada orang-orang yang tidak memiliki tanda dan gejala penyakit. Tujuan utama dari Medical Check Up adalah untuk menyaring orang- orang yang berisiko memiliki permasalahan kesehatan (2,3). Kegiatan MCU dapat meliputi anamnesis, penilaian risiko dan pemeriksaan fisik(2).


Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di kota Surabaya. UNUSA memiliki dua kampus, kampus A terletak di Jl. SMEA No. 57 Surabaya dan kampus B terletak di Jl. Raya Jemursari 51-57 Surabaya. Saat ini UNUSA memiliki pegawai sebanyak 31 orang yang terdiri dari 8 driver dan 23 laboran, dari sekian banyak pegawai terdapat pegawai yang memiliki risiko permasalahan kesehatan karena sering mengalami paparan zat yang mengganggu kesehatan. Kelompok pegawai ini meliputi driver dan laboran, pegawai driver merupakan kelompok yang rentan karena sering melakukan aktivitas di jalanan yang kemungkinan besar sering terpapar polutan. Sedangkan laboran khususnya laboran pada laboratorium kedokteran dan analis kesehatan, sering kontak dengan berbagai zat kimia dan biohazard.

Selain itu kelompok pegawai ini merupakan kelompok yang sering melakukan Work From Office (WFO) selama pandemi. Artinya kemungkinan terpapar virus SARS-CoV-2 sangat tinggi. Selain pemantauan kesehatan maka perlu dilakukan upaya pencegahan untuk menghindari dari infeksi virus penyebab Covid-19.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada lingkungan mitra terkait dengan pemeriksaan kesehatan rutin, masih banyak pegawai yang berisiko belum mengetahui status kesehatannya secara berkala. Selain itu sering melakukan Work From Office (WFO) selama pandemic meningkatkan resiko terpapar virus Covid-19 sangat mungkin, maka perlu dilakukan upaya pencegahan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramdhan

Critical

Peran mahasiswa terhadap lingkungan